QOIDAH-QOIDAH DALAM MEMAHAMI ASMAA’ WAS SIFAAT

QOIDAH-QOIDAH DALAM MEMAHAMI ASMAA’ WAS SIFAAT
بسم الله الرحمن الرحيم
1. Nama-nama dan sifat Alloh ta’ala itu tauqifyyah yaitu haruslah bersumber dari Al-Qur‟an dan Hadits (yang shohih).
2. Setiap nama-nama dan sifat Alloh ta’ala pastilah mempunyai makna dan hakekat, maknanya dipahami akan tetapi hakekatnya tidak kita ketahui dan kita menyerahkannya hanya kepada Alloh ta’ala saja.
3. Nama-nama dan sifat Alloh ta’ala tidak dapat dibatasi sebab tidak terbatas keagungan, kebesaran, dan kemuliaan Dzat Alloh ta’ala, hanya saja akal dan pengetahuan makhluq yang terbatas.


4. Berbilangnya Nama dan sifat Alloh ta’ala itu kembalinya hanya kepada dzat yang Maha satu yaitu Alloh ta’ala.
5. Setiap Nama-nama dan sifat Alloh ta’ala kita imani sesuai dengan kemaha-agungan dan kemaha-muliaanNya dan Dia subhanah tidak sama dengan makhluq.
6. Tidak boleh menggambarkan atau mengqiyaskan hakekat Dzat Alloh ta’ala dengan apapun, dan apapun yang kita bayangkan dalam pikiran tentang hakekat nama-nama dan sifat Alloh ta’ala maka itu bukanlah Alloh, sebab pikiran kita juga makhluq yang dicipta Alloh ta’ala.
7. Setiap nama-nama dan sifat Alloh ta’ala mempunyai makna yang dipahami sesuai lafadh yang terkandung dalam bahasa arob yang benar.
8. Tidak boleh memalingkan makna nama-nama dan sifat Alloh ta’ala dari lafadhnya kecuali ada dalil shohih yang memalingkanya.
9. Bab sifat lebih umum dari bab nama, dan bab fi‟il (pebuatan) lebih umum dari bab sifat, dan bab khobar lebih umum dari semuanya. Setiap nama Alloh ta’ala terkandung padanya sifat, perbuatan (fi‟il), dan khobar Alloh ta’ala, juga setiap sifat terkandung padanya perbuatan dan khobar tapi tidak mesti terkandung padanya nama Alloh ta’ala. Contohnya Alloh mempunyai nama Al-Bashiir maka terkandung padanya sifat maha melihat, perbuatan melihat, dan khobar bahwa Alloh melihat dengan dzatNya, akan tetapi misalnya dikatakan Alloh mempunyai sifat tangan maka terkandung padanya perbuatan tangan dan khobar bahwa Alloh pada DzatNya ada tangan (yang sesuai keagungannya tidak sama dengan makhluq), namun tidak boleh kita katakan Alloh mempunyai Nama “yang Maha tangan”. Juga dikatakan Alloh berbuat makar pada orang yang melakukan makar namun Alloh tidak dinamai dan tidak disifati dengan yang bermakar, maka dari itu bab sifat lebih umum dari bab nama, dan bab fi‟il (pebuatan) lebih umum dari bab sifat, dan bab khobar lebih umum dari semuanya.
10.Dalam Asmaa‟ was sifaat ada yang dikatakan bab khobar tentang Alloh ta’ala. Misal jika kita mengkhobarkan bahwa Alloh adalah tuhan langit dan bumi, maka menerjemahkan kata “Tuhan” kedalam bahasa Indonesia atau “God” dalam bahasa Inggris tidak mengapa selama maknanya sama dengan Robb dalam bahasa Arob, dan ini semua bab pengkhabaran dalam asmaa‟ was sifaat agar manusia dapat memahaminya dengan pemahaman yang benar, sebab kita diciptakan berras-ras dan berqobilah-qobilah (suku-suku) yang bahasanya berbeda-beda, namun menggunakan bahasa persatuan islam (bahasa arob) itu lebih utama.
11.Setiap penterjemahan nama-nama dan sifat Alloh ta’ala haruslah sesuai dengan makna yang ada dalam bahasa arob.
12.Nama dan sifat Alloh ta’ala ada yang muta‟addi dan ada yang goiru muta‟addi, muta‟addi maksudnya adalah sifat yang mempunyai objek atau ada yang terkena dari nama dan sifat tersebut, misal dikatakan Alloh Arrohmaan (yang Maha Pengasih) maka pastilah ada yang dikasihi yaitu makhluqNya, dan goiru muta‟addi yaitu yang tanpa objek contohnya sifat Al-Qoyyum (yang Maha berdiri sendiri).
13.Nama dan Sifat Alloh ta’ala ada yang dzaaty dan ada yang syii‟iy. Dzaty maksudnya adalah nama dan sifat yang tidak terkait dengan kehendakNya, contoh sifat yang dzaaty: Al-hayyu (Yang Maha Hidup) dan Al-Qoyyum (Yang Maha Tegak bediri sendiri) maka Dia ta’ala terus-menerus bersifat demikian. Syii‟iy maksudnya adalah nama dan sifat yang terkait dengan kehendak Alloh ta’ala, seperti sifat Arrohiim (Yang Maha Penyayang) Alloh menyayangi siapa yang dikehendakiNya dari makhluqNya. Adapun fi‟il(perbuatan)Nya pasti sesuai dengan kehendakNya, Alloh berbuat kapan dan bagaimanpun sesuai yang Dia kehendaki, tidak ada yang memaksa dan merintahNya, bahkan dialah yang Maha Memerintah.
14.Nama dan sifat Alloh ta’ala tidak ada yang baru dan tidak pula ada yang hilang atau binasa, sebab Alloh ta’ala Maha Sempurna, Dialah yang mutlaq ada dengan sendirinya tanpa permulaan, tanpa ada yang mengadakan, dan Dia jalla wa „alaa juga tidak kurang sesuatupun dari diriNya dan tidak akan binasa, adapun selainNya maka merekalah yang dicipta dan dibinasakan oleh Alloh ta’ala.
15.Sifat, ada yang ditetapkan bagi Alloh ta’ala dan ada sifat yang dinafikan dari Alloh ta’ala. Sifat yang ditetapkan untuk Alloh ta’ala adalah sifat yang mulia dan agung sedangkan sifat yang dinafikan adalah sifat yang kurang dan rendah bagi Alloh ta’ala.
16.Kita menetapkan penafian yang umum, misal dikatakan Alloh tidak sama dengan makhluqNya, dan kita tetapkan pula penafian yang rinci, misal dikatakan Alloh tidak tidur, tidak mengantuk, tidak lelah, dll.
17.Menafikan suatu sifat dari Alloh ta’ala haruslah bersamaan dengan menetapkan lawannya, misalnya jika dikatakan Alloh tidaklah lemah, maka haruslah kita tetapkan lawannya yaitu Alloh Maha kuat.
18.Setiap Nama dan Sifat yang digandengkan penyebutannya satu dengan yang lainnya maka mempunyai makna yang lebih dibanding dengan yang penyebutan sendirinya saja, misal jika dikatakan sesungguhnya Alloh adalah Al-Aliim lagi Al-Hakiim maka lebih maknanya dari dikatakan Alloh Al-Aliim saja atau Alloh Al-Hakiim saja.
19.Dan Alloh ta’ala tidak dapat dilihat di dunia kecuali di dalam mimpi orang-orang yang sholeh, yang bertauhid, yang beribadah menyembah hanya kepada Alloh ta’ala saja tanpa tandingan, hamba yang beribadah dengan Asmaa‟ was sifaatNya sesuai dengan pemahaman yang benar, wallohu ta’ala a‟lam.
Smoga Alloh ta’ala menjadikan kita dari hamba-hambanya yang sholeh, barokallohu fiikum, walhamdulillaahi robbil‟aalamiin,
Makassar, Jum‟at 15 Dzulqo‟dah 1434
Al faqiir ilallooh Abu Ibrohim Sa‟iid bin Salim Al Makassary

https://app.box.net/s/sm8dqqrp4px7r3vyaizg

Iklan

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: